Minggu, 14 Agustus 2016

Mengenal Pulau Raas

Mengenal Pulau Raas - Raas adalah sebuah pulau di antara gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Madura. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau Raas merupakan pusat administratif Kecamatan Raas, yang juga meliputi pulau-pulau kecil di sebelah utara dan timur Pulau Raas. Pulau inilah yang menjadi habitat dari ras kucing murni milik indonesia yakni kucing raas yang memiliki 2 jenis kucing yang disebut dengan kucing busok dan kucing kecubung. Namun kucing ini diselimuti oleh mitos yang melekat dari generasi ke generasi

Geografi dan Demografi Pulau Raas


Kecamatan Raas mempuanyai luas total wilayah 38,9 km2 yang meliputi 9 desa. Kecamatan Raas terdiri dari 14 pulau, dengan 9 pulau berpenghuni, dan 5 pulau tidak berpenghuni. Pada sisi sebelah utara kecamatan ini dibatasi oleh Selat Madura, sebelah selatan dibatasi Laut Jawa, sebelah timur dibatasi oleh Selat Kangean, dan sebelah barat dibatasi oleh Selat Sepudi.

Jumlah penduduk Kecamatan Raas berjumlah 34.784 jiwa (Bappeda Kab. Sumenep, 2003). Komposisi penduduk Kecamatan Raas terdiri dari laki-laki sebanyak 17.046 jiwa (49,01 %) dan perempuan 17.738 jiwa (50,99 %). Rasio jenis kelamin sebesar 96,1 % dengan kepadatan penduduk sebanyak 894,19 jiwa/km2.
pulau raas

Sarana dan prasarana Pulau Raas


Perhubungan

Panjang jalan darat pulau raas secara keseluruhan sepanjang 50,443 kilometer, dengan kondisi jalan rusak 14,41% dan rusak berat 19,82%. Sarana angkutan darat bermotor terdiri dari truk, pick up, Viar (Sepeda Motor Roda 3)sepeda motor, Becak Motor dan tidak bermotor terdiri dari becak dan sepeda dan Grobak.
Kelistrikan

Penerangan listrik di Kecamatan Raas belum menggunakan PLN, yakni masih menggunakan PLTD yang dikelola Swasta, yang hanya hidup 12Jam saja.

Telekomunikasi

    Kantor telepon = 1 unit
    Warung telekomunikasi = 9 unit
    Kantor pos pembantu = 1 unit
    Warung selular = 5 unit.

Air bersih

Untuk sarana air bersih sebagian menggunakan PDAM yang dikelola Swasta,menggunakan air sumur sebanyak 294 RT.

Ekonomi

Untuk aktivitas perdagangan Kecamatan Raas dilengkapi dengan pasar desa. Juga sudah tersedia lembaga keuangan yaitu KUD sebanyak 9 unit.

Sektor penggerak perekonomian Kecamatan Raas meliputi bidang pertanian tanamangan pangan, peternakan, perikanan.

Pertanian

Produk-produk pertanian tanaman pangan meliputi padi, jagung, kacang tanah, kacang hijau, Semangka, Blewa, Bulir, Benggok, ketela rambat dan ubi kayu. Produksi pertanian tanaman pangan masih didominasi oleh jagung dan padi. Bidang kehutanan dan perkebunan terdiri dari mangga, kelapa dan mangrove.

Peternakan

Bidang peternakan terdiri dari sapi, kuda, kambing, ayam dan itik/bebek. Bidang peternakan didominasi oleh sapi. Sedangkan bidang lainnya meliputi bidang industri (industri kecil hiasan kulit kerang, pengawetan ikan, pembuatan tikar pandan, hasil laut, dan kerang manik-manik).

Pariwisata

Bidang lain yang tidak kalah pentingnya adalah bidang pariwisata. Bidang pariwisata terdiri dari wisata budaya, konservasi dan alam. Hal ini bisa dijadikan hiburan bagi para pengunjung pulau raas


Perikanan

Khusus untuk bidang perikanan , potensi yang dimiliki Kecamatan Raas meliputi penangkapan ikan di laut, budidaya dan pengolahan. Hasil penangkapan ikan di laut antara lain ikan karang, tongkol, teri, ikan manengseng dan rajungan. Usaha penangkapan ikan didukung oleh armada tangkap berupa perahu bermotor 546 unit dan tidak bermotor 299 unit.

Selain perikanan tangkap, bidang perikanan lainnya yang cukup berkembang yaitu budidaya perikanan terdiri dari budidaya air laut. Budidaya laut meliputi ikan kerapu, rumput laut, ikan karang dan ikan hias. Potensi sumberdaya pesisir dan laut lainnya adalah potensi mangrove seluas ± 1 Ha dan terumbu karang yang terdapat di Desa Berakas.

Bidang lain yang tidak kalah pentingnya dari penangkapan dan budidaya adalah pengolahan hasil perikanan. Potensi sub sektor pengolahan terdiri dari pengawetan ikan dan pengolahan hasil laut lainnya.

Pendidikan

Sedikit taman kanak-kanak, 29 unit SD, 23 unit MI, 2 unit SMP, 4 unit MTs, 1 SMA, dan 3 MA serta Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu dan Pendidikan (STKIP) -cabang Sumenep.

Kesehatan

Sarana kesehatan di Kecamatan Raas terdiri dari Puskesmas, Puskesmas pembantu dan BKIA/Polindes. Puskesmas berjumlah 1 unit terdapat di Desa Berakas, puskesmas pembantu berjumlah 3 unit terdapat di desa Ketupat, Tonduk dan Gua-gua.

Keagamaan

Sarana ibadah meliputi mesjid sebanyak 25 unit, surau/musholla sebanyak 104 unit.

Pemerintahan

Untuk tata administrasi pemerintahan di Kecamatan Raas, tidak semua desa memiliki kantor desa.

Semoga berfaat informasi yang kami berikan terkait dengan pulau raas yang di ambil dari wikipedia

Mengenal Pulau Raas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sandy Doank

1 komentar:

  1. New Online Casinos | Lucky Club
    You can play slots luckyclub with real dealers at Lucky Club and get the best bonus. Live blackjack is played on many of the biggest Where can I play on my mobile phone?Does Lucky Club have mobile slots?

    BalasHapus